Rahasia Pendidikan Finlandia Menjadi Yang Terbaik Di Dunia

Finlandia menjadi salah satu negara yang dikenal memiliki sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Pendidikan di Finlandia sudah mengungguli Amerika Serikat dalam literasi membaca, matematika, dan sains secara rutin. Negara ini selalu menempati skor terbaik dalam survei penilaian siswa internasional yang diadakan tiga tahun sekali. Sekolah di Finlandia ternyata memiliki hari sekolah yang lebih singkat daripada sekolah di negara lainnya. Selain itu, mereka juga tidak memberlakukan ujian standar atau ulangan.

Sistem pendidikan di Finlandia tersebut dapat berjalan dengan baik karena didukung oleh beberapa prinsip, yaitu hal yang terpenting adalah akses yang sama terhadap pendidikan serta siswa diberi kebebasa untuk memilih jalur edukasi yang mereka inginkan berdasarkan bakat dan minat.

1. Pendidikan Usia Dini
Awal pendidikan di Finlandia dirancang dengan konsep belajar melalui permainan. Anak-anak di Finlandia tidak harus pergi ke sekolah hingga usianya mencapai 6 tahun saat pendidikan pra sekolah dasar dimulai.

Orangtua dapat menghabiskan tahun awal itu untuk bermain, menjalin ikatan dengan anaknya, serta mengajarinya sesuatu yang baik. Apabila orangtua ingin memulai pendidikan anak lebih awal, sistem pendidikan disana akan menawarkan perawatan anak usia dini. Program pendidikan tersebut sangat populer di sana karena angka partisipasi sekola di Finlandia untuk anak berusia 3 sampai 5 tahun tergolong tinggi.

2. Pendidikan dasar
Anak akan masuk dalam pendidikan dasar saat usianya mencapai 7 tahun. Di Finlandia, pendidikan dasar tidak dibagi menjadi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Mereka akan menawarkan pendidikan struktur tunggal selama 9 tahun. Sekolah akan menyesuaikan program pendidikan sesuai dengan kebutuhan siswa yang unik.

Tujuan mereka dalam pendidikan dasar yatu untuk mendukung pertumbuhan siswa untuk menjadi masyarakat yang bertanggung jawa secara etis serta memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam kehidupannya.

3. Pendidikan menengah atas
Setelah edukasi dasar, siswa bisa memilih untuk melanjutkannya ke pendidikan menengah atas. Meskipun tidak diwajibkan, namun banyak siswa yang segera melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. tibuku tingkatan menengah ke atas ini disediakan dua jalur utama, yaitu umum dan kejuruan. Keduanya menghabiskan waktu selama 3 tahun. Jika memilih pendidikan umum, siswa akan diberi banyak kebebasan untuk memilih jadwal belajarnya sendiri.

Untuk pendidikan kejuruan akan lebih difokuskan pada pekerjaan serta magang dan pembelajaran di sekolah. Siswa tidak akan terkunci di salah satu jalur tersebut. Keduanya mempunyai fleksibilitas sehingga siswa bisa membuat jalur yang menghubungkan diantara keduanya.

4. Pendidikan tinggi
Pendidikan tinggi di Finlandia sama halnya dengan sekolah dasar dan menengah atas yang diberikan secara gratis. Siswa hanya harus membayar perlengkapan sekolah lain yang dibutuhkan siswa itu sendiri. Di Finlandia untuk pendidikan tinggi dibagi menjadi dua yaitu universitas dan universitas ilmu terapan.

Jika siswa masuk universitas, maka akan fokus pada penelitian ilmiah, sedangkan universitas ilmu terapan dapat menekankan pada aplikasi praktis. Siswa akan menerima gelar sarjana dalam 4 tahun yang terdiri studi, pilihan, serta proyek. Jalur pendidikan di Finlandia sangat mudah beradaptasi dengan menyesuaikan kebutuhan siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *